Terlambat datang bulan merupakan salah satu indikator penting apakah seseorang mengalami kehamilan atau tidak. Namun, indikator ini tiba-tiba jadi kabur apa bila sang calon ibu memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Untuk menjawab hal ini, pastinya Anda harus tanya dokter kehamilan langsung bagaimana memastikannya dan juga meminta tips supaya menstruasi jadi lebih lancar. Terlebih lagi, masa haid sangat penting dalam program kehamilan.

Bagaimana Cara Melihat Indikator Kehamilan Apabila Menstruasi Tidak Teratur?

Perlu Anda ingat, siklus haid yang normal adalah 22-35 hari. Apabila siklus Anda masih dalam rentang ini, Anda dikatakan masih dianggap normal. Misalkan Anda mengalami masa haid paling akhir yaitu pada 26 Juli 2021 dan pada 2 September 2021 Anda masih belum mengalami haid. Anda bisa memulai untuk mencoba tes kehamilan mandiri. Apabila hasilnya positif, maka kemungkinan besar Anda hamil, tapi bila negatif, kemungkinan Anda tidak hamil. Dalam hal ini perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui faktor keterlambatan yang Anda alami.

Keterlambatan masa haid dengan hasil tes pack negatif biasanya menandakan adanya gangguan ovulasi. Ovulasi yaitu proses pemecahan telur di indung telur. Beberapa gangguan ini tidak lain disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • PCOS (PolyCystic Ovarian Syndrome)
  • Gangguan kelenjar gondok (tiroid)
  • Penyakit diabetes melitus
  • Gangguan penghasil ASI atau prolaktin
  • Aktifitas fisik yang berlebihan
  • Penurunan atau kenaikan berat badan yang drastis dalam waktu singkat
  • Stres yang berlebihan

Sangat penting bagi Anda yang mengalami menstruasi tidak teratur untuk berkonsultasi dengan dokter agar bisa mendapatkan pemeriksaan langsung. Pemeriksaan yang dilakukan dimulai dari pemeriksaan fisik, lab hingga USG untuk menegakkan diagnosis agar perawatan bisa lebih terarah.

Bagaimana Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Lancar?

Mengatasi menstruasi tidak lancar tidak cukup dengan penerapan pola hidupnya. Pertama-tama, Anda harus tahu dulu faktor utama penyebabnya. Karena itu konsultasikan dulu kepada dokter. Secara umum, Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk membantu Anda memicu menstuasi dengan cepat.

  • Pastikan Anda mengubah gaya hidup menjadi lebih baik misalkan berhenti merokok, minum obat-obatan terlarang dan alkohol.
  • Lengkapi kecukupan nutrisi tubuh terutama makanan yang mengandung asam folat, vitamin B,C,D, zink serta selenium. Kandungan ini sangat penting untuk menyeimbangkan hormon yang ada di dalam tubuh Anda.
  • Cobalah deteksi masa subur Anda apabila Anda kerap gagal dalam proses program kehamilan. Tandai kapan terjadinya ovulasi dan di masa ini adalah paling tepat untuk melakukan hubungan suami istri. Bila masih saja negatif, biasanya ini ada gangguan pada proses pematangan sel telur. Karena itu, diperiksakan kepada dokter Anda untuk mengetahui secara pasti apa penyebabnya.
  • Lakukan olahraga dengan teratur.
  • Hindari stres berat dan belajarlah mengelola stres dengan metode relaksasi seperti Yoga dsb.

Selain menstruasi yang lancar, program kehamilan juga harus memenuhi beberapa indikator. Semua pasangan baik suami dan istri harus dalam keadaan sehat. Jadi missal program kehamilan Anda gagal, tidak bisa serta merta hanya istri yang melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan untuk suami juga perlu seperti mengecek kesehatan spermanya juga. Di samping itu, bangun komunikasi yang baik antara suami dan istri agar keharmonisan meningkat dan tingkat stress menurun.