Oximeter merupakat alat kesehatan atau medis yang sekarang penting untuk kamu miliki di rumah sebagai perlengkapan isolasi mandiri. Dimana alat ini mampu mengukur kadar saturasi oksigen dan kepekatannya di dalam darah manusia. Sebenarnya alat ini bukan hanya untuk pasien Covid-19 tetapi secara umum membantu kamu memantau oksigen yang ada di tubuh.

Oximeter yang ada di pasaran juga sudah banyak macamnya loh, dengan berbagai fitur dan model serta harganya juga beragam. Dengan sekian banyak oximeter yang beredar tentunya kamu butuh pilihan tepat untuk kamu gunakan. Nah selanjutnya akan ada beberapa pilihan akurasi tinggi dari brand oximeter yang bisa kamu pakai saat isolasi.

Beragam Pilihan Oximeter yang Bisa Kamu Beli Untuk Kebutuhan Isolasi

Karena kita bisa membeli oximeter secara bebas di berbagai marketplace ada baiknya sebelum itu kita mengetahui sedikit tentang fungsi kerjanya. Pulse oximeter bekerja dengan cara menyinari tubuh kamu lewat ujung jari yang terjepit. Kemudian terjadi proses pendeteksian warna lewat pergerakan sel yang ada di tubuh kita. Selanjutnya alat kesehatan ini akan melakukan perbandingan antara sel darah merah yang terang dengan yang gelap. Dimana hal tersebut bertujuan untuk mengkalkulasikan saturasi oksigen yang terjadi dalam bentuk presentasi. Yang mana orang normal harus mempunyai saturasi oksigen 95 sampai 100%.

Nah berikut ini ada beragam oximeter yang bisa kamu jadikan pilihan berdarakan kerakuratannya. Dan kemampuannya mendeteksi penurunan secara cepat sehingga bisa kamu lakukan tindakan lanjutan yang sesuai.

  • Jumper Wireless

Pilihan pertama ada jumper wireless Bluetooth finger dimana alat kesehatan ini bisa kamu gunakan untuk pengukuran saturasi oksigen di dalam darah dan juga bersamaan dengan perhitungan denyut nadimu. Fitur yang menarik alat oximeter ini adalah adanya Bluetooth yang bisa terhubung dengan perangkat yang kamu miliki salah satunya smartphone. Namun di smartphone kamu harus ter-install dulu MyOximeter dan selanjutnya kamu bisa menerima detail hasil pengukuran saturasi tersebut.

Selain itu keuntungan jika kamu menggunakan brand ini adalah adanya integrasi dengan probe SPO2 dan selanjutnya bisa menampilkan modul pemrosesan pengukuran. Secara fisik oximeter ini cenderung ringan, kemudian pas apabila kamu pakai di tangan, dan tentunya bisa kamu pakai kapanpun kamu mau serta konsumsi daya yang rendah.

  • Beurer

Selanjutnya brand oximeter yang juga menawarkan fitur menarik dan penting adalah Beurer PO30. Harga dari alat oximeter ini di marketplace kisaran 700rb-an ya, cukup mahal memang karena memang fiturnya yang penting.

Sebenarnya alat ini akan lebih maksimal digunakan oleh mereka yang butuh pemantauan saat bepergian maupun traveling ataupun olahraga secara umum ya. Karena alat ini mampu untuk menunjukkan akurasi tinggkat tinggi pada dataran tinggi untuk pengukuran detak jantung EKG.

Selain itu kelebihan dari oximeter brand ini adalah sensornya yang sangat mudah dan reaponsif melakukan pendeteksian lewat jarimu maupun daun telingamu. Dan oximeter jenis berukuran kecil sehingga jika ingin bepergian namun tetap terpantau kadar oksigennya kamu bisa menggunakan oximeter Beurer ini.

Pada layarnya kamu akan bisa menemukan hasil denyut nadi juga loh selain saturasi oksigen. Dan bagi kamu yang menderita penyakit jantung secara umum, kemudian penyakit paru obstruktif kronik maupun asma bronkial ada baiknya pilih alat ini.

  • ChoiceMMed

Oximeter yang berkualitas nomor tiga hadir dari brand ChoiceMMed, untuk seriesnya kamu bisa memilih MD300C15D yang harganya kisaran 400rb-an. Sama dengan dua laat di atas dimana bisa mengukur saturasi oksigen bersamaan dengan ritme denyut nadi kamu.

Nah alat ini secara umum memang lebih banyak kamu temukan di berbagai fasilitas kesehatan di Indonesia karena memang oximeter ini compact, kemudian praktis dan bisa dipakai siapa saja. Untuk fitur kamu bisa menikmati hasil yang tampil di layar LCDnya dalam bentuk presentase tingkat jenuh saturasi oksigen di dalam darah, kemudian ukuran detak jantungmu dan juga grafik pulse milikmu yang baru. Namun untuk menggunakannya saat bepergian agaknya kurang pas yak arena dayanya cepat habis sehingga ada baiknya digunakan oleh mereka yang sedang isolasi di rumah saja.

  • Livotech

Sama dengan alat oximeter yang ada di atas untuk secara fungsi ya, namun kamu bisa menikmati berbegai fitur yang lebih lengkap juga di Livotech Oximeter. Diantaranya kamu bisa menikmati layar OLED yang mempunyai resolusi tinggi, kemudian hasil grafik yang tajam, alat ini bisa bertahan hingga 50 jam. Selain itu menggunakan tiep low oltage indicator sehingga tidak memakan daya.

Oximeter dari Livotech ini mampu mengukur secara akurat pada pasien asma bronkial, kemudian penyakit paru-paru kronis dan sebagainya yang membutuhkan pantauan secara berkala. Untuk harganya juga cenderung terjangkau yaitu kisaran 200rb an.

  • General Care Finger

Kemudian selanjutnya ada general care finger yang mana bisa membantu kamu untuk memantau kadar saturasi oksigen secara tepat pada tubuhmu. Selain itu lengkap juga dengan besaran ukuran detak jantung saat itu juga. Alat ini memang lebih banyak digunakan untuk isolasi di rumah karena memang alat ini secara khusus mengukur saturasi oksigen dan terdapat fitur alarm. Dimana bisa menunjukkan akurasi measurement range SpO2 antara prosentase 70 hingga 90% dengan saturasi Hemoglobin 35 hingga 100%. Bagi kamu yang saat ini sangat membutuhkan alat oximeter general care finger bisa langsung kamu pilih karena pengoperasiannya bisa memudahkan kamu selama isolasi mandiri.

Nah itulah tadi 5 pilihan dari alat oximeter yang sekarang ini bisa kamu peroleh di berbagai marketplace. Ada baiknya kamu segerakan untuk membeli alat kesehatan ini. Agar deteksi secara dini bisa kamu lakukan saat terjadi penurunan saturasi oksigen secara mendadak. Dimana saat kondisi tersebut terjadi kamu tidak boleh panic dan harus menarik napas secara dalam untuk bisa bernapas dengan lebih baik.