Salah satu kegiatan yang saat ini juga online yaitu pelelalang. Mengikuti lelang online diperlukan kecermatan yang tinggi. Jangan sampai kita tertipu dengan tawaran yang justru dapat merugikan kita.
Lelang online memang tidak memungkinkan bertemunya beberapa pihak yang bersangkutan, serta barang yang dilelang juga tidak dapat dilihat secara langsung. Hal inilah yang menyebabkan kita sebagai pembeli dalam transaksi lelang online harus berhati-hati. Kegiatan lelang secara online ini biasanya mengikuti estimasi waktu server yang telah tersedia dalam aplikasi lelang online. Waktu akan terus berjalan sesuai dengan batas yang telah ditentukan sebelumnya.
Untuk meminimalisir adanya penipuan, berhatikan beberapa tips berikut ketika akan mengikuti lelang online:

Cari Akun Yang Resmi

Tips yang pertama ketika akan mengikuti lelang online yakni harus menemukan akun yang resmi terlebih dahulu. Akun lelang online yang resmi biasanya memiliki ijin resmi dan berada dalam naungan badan hukum.
Bagi yang sering mengikuti pelelangan secara langsung maka akan semakin mudah untuk mendapatkan alamat lelang online yang resmi. Namun jika memang belum pernah mengikuti lelang online sebaiknya tidak mudah percaya akan iklan-iklan penyedia lelang online pada sosial media.

Hindari Calo

Lelang online juga tidak lepas dari tangan-tangan jail yang berperan. Biasanya calo menyuruh mengirimkan uang terlebih dahulu, dengan iming-iming dapat memenangkan lelang dengan harga yang murah. Sudah pasti ini bukan penjamin kita dapat memenangkannya, jadi hati-hati pada orang seperti ini.

Ikuti Alurnya

Lelang online juga tidak lepas dari tangan-tangan jail yang berperan. Biasanya calo menyuruh mengirimkan uang terlebih dahulu, dengan iming-iming dapat memenangkan lelang dengan harga yang murah. Sudah pasti ini bukan penjamin kita dapat memenangkannya, jadi hati-hati pada orang seperti ini.

Batasi Harapan

Untuk meminimalisir akan rasa kecewa, sebaiknya kita tidak perlu menaruh 100% harapan pada barang yang dilelangkan. Ekspektasi akan barang yang bagus dengan harga yang murah tentu saja dapat merusak semangat yang tadinya sudah menggebu-gebu pada diri.
Sebagai satu contoh, terdapat mobil yang dilelang dengan harga awal beli 90 juta. Sedangkan yang ada pada pikiran kita, mobil tersebut dapat kita miliki dengan harga 30 juta, ini sangat tidak mungkin karena harga lelang biasanya sekitar 5-10% saja berkurangnya dari harga market.

Hati-Hati ketika berucap/berkomentar

Saat melakukan lelang online segala sesuatu yang kita ucapkan akan menjadi sebuah penawaran yang dianggap sah. Jadi pikirkan betul sebelum kita memberi komentar atau memberi penawaran harga pada barang yang dilelang.

Hindari penyalahgunaan akun

Peserta yang mengikuti lelang akan mendapat ID dan juga password yang berbeda. Jadi usahakan akun ID yang kita miliki hanya menjadi milik kita dan hanya pihak dari kita yang mengetahuinya.
Penyalahgunaan akun lelang dapat berakibat sangat fatal, karena akun yang digunakan dianggap sebagai akun resmi meski bukan kita yang mengoperasikannya.

Bayar Sesuai Nominal dan Waktu

Menjadi orang yang dipercaya merupakan sebuah amanah besar yang harus dimiliki oleh peserta lelang. Ketika sudah ditetapkan menjadi pembeli yang sah, sebaiknya menggunakan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya. Segera selesaikan administrasi yang berhubungan dengan pembayaran sesuai dengan waktu dan nominal yang disepakati.

Mengikuti lelang online memang membutuhkan kepercayaan yang tinggi antara kedua belah pihak. Semoga beberapa tips di atas dapat menjadi referensi agar kita terhindar dari penipuan lelang online.