Berkunjung ke Lamongan tidak lupa untuk menjajal soto Lamongan. Tapi, Lamongan tidak hanya terkenal akan sotonya saja, tapi juga kuliner lainnya. Salah satunya adalah sego boranan atau nasi boranan. Pastinya, kuliner khas daerah yang terletak di Pantai Utara ini selalu diburu setiap libur lebaran.

Boranan berasal dari tempat wadah nasi yang terbuat dari anyaman bambu. Biasanya tempat ini dibawa dengan cara digendong menggunakan selendang. Nasi boranan disajikan dengan daun pincuk. Lauknya khasnya adalah rempek dan urap – urap. Selain itu, ada juga lauk lainnya. Nah, bagi kamu yang datang ke Lamongan wajib mengunjungi  tempat sego boranan enak di Lamongan berikut ini.

Sekitar Alun – Alun Lamongan

Tempat pertama untuk menemukan sego boranan termudah, tidak lain dan tidak bukan adalah sekitaran Alun – Alun Lamongan. Saat mengunjungi Alun – Alun Lamongan jangan lupa sempatkan diri untuk mencicipi kudapan khas Lamongan yang satu ini. Hanya saja, kamu harus datang pagi. Pasalnya, ibu penjual sego boranan di Alun – Alun Lamongan ini buka pukul 6 pagi dan terkadang jam {8|eight} pagi sudah ludes terjual.

Namun tidak perlu khawatir, banyak kok penjual sego boranan di sekitaran Alun – Alun Lamongan. Harga yang ditawarkan juga beragam, mulai dari delapan ribu hingga 15 ribu saja. Walaupun, murah meriah, tapi kelezatannya tidak akan pernah kamu lupakan.

Selain itu, ada banyak pilihan lauk yang bisa kamu pilih. Mulai dari ayam bakar, ceker pedas, telur, udang, tahu, sate jeroan hingga lauk khasnya ikan sili. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menemukan lauk empok, gorengan yang sekilas seperti bakwan jagung. Soal rasany, tentunya sangat gurih dan sedikit asem.

Urap dari sego boranan di sekitar alun – alun Lamongan sangat segar. Belum lagi, bumbu kacangnya yang gurih dan sedikit pedas akan sangat enak di lidah.

Sepanjang Jalan Jendral Sudirman

Mencari sego boranan enak di Lamongan paling tepat adalah di sepanjang Jalan Jendral Sudirman. Yup, di sepanjang jalan ini memang banyak yang berjualan sego boranan. Kamu akan mudah mendapatkan pedagang kaki lima hingga rumah makan yang menjajakan sego boranan. Soal rasa? Jangan ditanya lagi, pastinya sangat enak dan gurih.

Pilihan lauknya juga sangat banyak, mulai dari daging ayam hingga jeroan. Belum lagi, rempeknya yang gurih dan dicampur dengan bumbu kacang yang enak. Urap – urapnya juga sangat enak dan segar. Pokoknya, pas buat sarapan pagi kamu saat di Lamongan.

Kawasan Jalan Basuki Rahmat Lamongan

Tempat berikutnya yang menjadi langganan untuk berburu sego boranan adalah kawasan Jalan Basuki Rahmat Lamongan. Sama seperti yang lainnya, sego boranan di sana juga sangat lengkap dengan urap, kuah kare dan gimbal lenthonya. Urap yang disajikan kebanyakan adalah daun singkong dan tauge. Sedangkan kuah kare yang disajikan memiliki rasa yang lumayan pedas dan sangat kental.

Kemudian gimbal lentho yang enak dan gurih. Selain itu, lauk pauknya juga cukup lengkap. Ada telur puyuh, ikan sili, sate udang, sate jeroan hingga ikan bandeng. Sama seperti lainnya, kamu bisa mengambil sendiri lauk pauk yang telah disediakan, biasanya di atas boran yang sudah mereka sediakan.

Dekat Plaza Lamongan

Sego boranan enak di Lamongan selanjutnya ada di dekat Plaza Lamongan. Jadi, setelah berbelanja oleh – oleh tidak ada salahnya untuk mampir sejenak menikmati sego boranan. Walaupun berada di pinggir jalan, tapi kebersihannya sangat terjamin. Belum lagi, ibu penjualanya yang ramah dan porsinya juga banyak. Bahkan, harganya juga sangat terjangkau, mulai dari 5 ribu saja. Pas sekali buat kamu yang berlibur dengan budget  tipis.

Sego boranan di dekat Plaza Lamongan tidak kalah enaknya dengan sego boranan di tempat sebelumnya. Pastinya ada urap yang segar sebagai menu utamanya, yakni berupa daun singkong dan tauge. Bahkan, tidak jarang kamu akan mendapatkan kemangi yang campur dengan sambal. Bumbunya juga sangat enak dan terasa.

Bahkan, lauk pauk yang disediakan juga lumayan lengkap. Kamu akan menemukan sate jeroan, ayam bakar, ceker ayam, gimbal lentho, dadar jagung, ikan bandeng hingga ikan sili. Jangan lupa memilih salah satu yang jadi kesukaan kamu.

Stadion Surajaya Lamongan

Kota Lamongan juga terkenal akan klub sepak bolanya yang terbaik dan bertalenta. Bahkan, tidak jarang Lamongan mendapatkan juara untuk para pemain sepak bolanya. Maka dari itu, saat kamu menonton sepak bola di Lamongan, jangan lupa untuk mampir ke stadion Surajaya Lamongan. Mengapa demikian?

Pasalnya, kamu akan menikmati sego boranan enak di Lamongan. Sego boranan di sini bisa menjadi pendamping kamu saat menyaksikan pertandingan sepak bola atau olahraga lainnya. Soal rasanya pastinya yang enak dan gurih. Urap – urapnya berupa tauge, daun singkong hingga kemangi saat segar. Belum dengan bumbunya yang sangat kerasa.

Jangan lupa tambahkan lauk pauk yang kamu inginkan. Ada banyak lauk pauk yang disediakan, seperti ayam bakar, sate jeroan, sate telur puyuh, telur puyuh balado hingga aneka gorengan.

Penutup

Nah, itulah beberapa tempat sego boranan enak di Lamongan yang bisa kamu coba. Jadi tidak hanya soto saja, Lamongan kaya akan potensi kuliner yang enak.Silahkan mampir kalau pas bepergian ke kota lamongan, seru pastinya .